“NOBODY’S PERFECT”

Standar

“Nobody’s Perfect”

Sebuah kalimat singkat yang hari ini terngiang di telingaku kala keadaan sungguh menyudutkanku yang berdiri sendiri. Banyak sekali tuntutan dari setiap pribadi yang berada di sekitar. Menanyakan ini itu. Meminta ini itu. Berkomentar ini itu. Gedubrak!!

Aku yang hanya ada satu di dunia ini terkadang merasa tak mampu untuk menghadapinya. Ada kalanya keteguhan seorang makhluk yang kecil ini runtuh tak berdaya, dan ada pun kalanya sosok ini menjadi seorang pembijak tegar. Seringnya menghadapi permasalahan pun bisa menjadikan kita lebih bijak dalam menyikapinya, tapi tak dipungkiri bahwa masalah pun mampu menjatuhkan mental seseorang dan akhirnya ia tak berdaya alias putus asa.

Dalam keadaan yang tak menarik atau membuat kita merasa tersudutkan maka dengan sendirinya sosok tersebut akan bergerak bergeming mencari jalan keluar.

Perasaan yang mengganjal pastinya ia akan meledak di satu waktu yang tak terduga, namun kita pastinya punya sikap preventif sehingga mampu mengolah hal-hal yang berkecamuk tersebut. Itulah mengapa ada yang namanya Anger Management.

Sebuah manajemen kemarahan yang kukira hanya ada di dalam film saja namun ternyata manajemen ini pun kerap kali digunakan oleh para psikolog untuk mengidentifikasi pokok permasalahan oleh si pasien sehingga begitu mudahnya ia melepaskan kemarahannya.

Dari semua kejadian yang telah saya lalui maka ada sedikit ulasan mengenai manejemen kemarahan, yaitu:

Hanya seorang yang pemarah yang bisa betul-betul bersabar.

Seseorang yang tidak bisa merasa marah tidak bisa disebut penyabar; karena dia hanya tidak bisa marah.

Sedang seorang lagi yang sebetulnya merasa marah, tetapi mengelola kemarahannya untuk tetap berlaku baik dan adil adalah seorang yang berhasil menjadikan dirinya bersabar.

Dan bila Anda mengatakan bahwa untuk bersabar itu-sulit, Anda sangat tepat; karena kesabaran kita diukur dari kekuatan kita untuk tetap mendahulukan yang benar dalam perasaan yang membuat kita seolah-olah berhak untuk berlaku melampaui batas.

Kesabaran bukanlah sebuah sifat, tetapi sebuah akibat.

Perhatikanlah bahwa kita lebih sering menderita karena kemarahan kita, daripada karena hal-hal yang membuat kita merasa marah. Perhatikanlah juga bahwa kemarahan kita sering melambung lebih tinggi daripada nilai dari sesuatu yang menyebabkan kemarahan kita itu, sehingga kita sering bereaksi berlebihan dalam kemarahan.

Hanya karena Anda menyadari dengan baik –tentang kerugian yang bisa disebabkan oleh reaksi Anda dalam kemarahan, Anda bisa menjadi berhati-hati dalam bereaksi terhadap apa pun yang membuat Anda merasa marah. Kehati-hatian dalam bereaksi terhadap yang membuat Anda marah itu lah yang menjadikan Anda tampil sabar.

Kemarahan adalah sebuah bentuk nafsu.

Nafsu adalah kekuatan yang tidak pernah netral, karena ia hanya mempunyai dua arah gerak; yaitu bila ia tidakmemuliakan,pasti ia menghinakan.

Nafsu juga bersifat dinamis, karena ia menolak untuk berlaku tenang bila Anda merasa tenang. Ia akan selalu memperbaruhi kekuatannya untuk membuat Anda memperbaruhi kemapanan Anda.

Maka perhatikanlah ini dengan cermat; bila Anda berpikir dengan jernih dalam memilih tindakan dan cara bertindak dalam kemarahan, nafsu itu akan menjadi kekuatan Anda untuk meninggalkan

kemapanan Anda yang sekarang -untuk menuju sebuah kemapanan baru yang lebih tinggi.

Tetapi, bila Anda berlaku sebaliknya, maka ke bawahlah arah pembaruan dari kemapanan Anda.

Itu sebabnya, kita sering menyaksikan seorang berkedudukan tinggi yang terlontarkan dari tingkat kemapanannya, dan kemudian direndahkan karena dia tidak berpikir jernih dalam kemarahan.

Dan bila nafsunya telah menjadikannya seorang yang tidak bisa direndahkan lagi, dia disebut sebagai budak nafsu.

Kualitas reaksi Anda terhadap yang membuat Anda marah, adalah penentu kelas Anda.

Kebijakan para pendahulu kita telah menggariskan bahwa untuk menjadi marah itu mudah, dan patut bagi semua orang. Tetapi, untuk bisa marah kepada orang yang tepat, karena sebab yang tepat, untuk tujuan yang tepat, pada tingkat kemarahan yang tepat, dan dengan cara yang tepat -itu tidak untuk orang-orang kecil.

Maka seberapa besar-kah Anda menginginkan diri Anda jadinya?

Memang pernah ada orang yang mengatakan bahwa siapa pun yang membuat Anda marah-telah mengalahkan Anda. Pengamatan itu tepat-hanya bila Anda mengijinkan diri Anda berlaku dengan cara-cara yang merendahkan diri Anda sendiri karena kemarahan yang disebabkan oleh orang itu.

Itu sebabnya, salah satu cara untuk membesarkan diri adalah menghindari sikap dan perilaku yang mengecilkan diri.

Kita sering merasa marah karena orang lain berlaku persis seperti kita.

Perhatikanlah, bahwa orang tua yang sering marah kepada anak-anaknya yang bertengkar -adalah orang tua yang juga sering bertengkar dengan pasangannya.

Bila kita cukup adil kepada diri kita sendiri, dan mampu untuk sekejap menikmati kedamaian kita akan melihat dengan jelas bahwa kita sering menuntut orang lain untuk berlaku seperti yang tidak kita lakukan.

Dan dengannya, bukankah kemarahan Anda juga penunjuk jalan bagi Anda untuk menemukan perilaku-perilaku baik yang sudah Anda tuntut dari orang lain,tetapi yang masih belum Anda lakukan?

Lalu, mengapakah Anda berlama-lama dalam kemarahan yang sebetulnya adalah tanda yang nyata bahwa Anda belum memperbaiki diri?

Katakanlah, tidak ada orang yang cukup penting yang bisa membuat saya marah dan berlaku rendah.

Bila Anda seorang pemimpin, dan Anda telah menerima tugas untuk meninggikan orang lain; maka tidak ada badai, gempa, atau air bah yang bisa membuat Anda mengurangi nilai Anda bagi kepantasan untuk mengemban tugas itu.

Ingatlah, bahwa orang-orang yang berupaya mengecilkan Anda itu-adalah sebetulnya orang-orang kecil.

Karena, orang-orang besar akan sangat berhati-hati dengan perasaan hormat Anda kepada diri Anda sendiri. Bila mereka marah pun kepada Anda, mereka akan berlaku dengan cara-cara yang mengundang Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Sedangkan orang kecil? Orang-orang kecil membuat orang lain merasa kecil agar mereka bisa merasa besar.

Anda mengetahui kebesaran yang dijanjikan untuk Anda. Maka besarkan-lah orang lain.

Terdapat pula 7 cara untuk memenej kemarahan anda, yaitu:

7 Ways to manage your anger (7 Cara untuk memenej kemarahan Anda)

1. Cobalah untuk memahami mengapa Anda marah

Ini sangat penting untuk mengetahui hal-hal yang dapat membuatmu marah. Jika sebuah situasi atau seseorang yang menyebabkan Anda marah, maka berbicaralah dengan orang yang Anda percaya. Seorang teman yang bisa sangat dipercaya, seorang spesialis, Dokter Anda atau ahli psikologi dapat berbicara dengan Anda dan membantu Anda.

2. Cobalah untuk beristirahat dan santai

Beristirahat dapat menempatkan segalanya sesuai pada tempatnya. Relaksasi dapat diraih dengan berbicara atau hanya dengan duduk berdiam di tempat yang sunyi. Dengarkan musik, membaca buku, menonton film, mandi, berenang, yoga adalah aktifitas yang dapat membuatmu santai.

Terlalu sering orang-orang melupakan waktu untuk istirahat. Ini sangat penting bahwa setiap hari kita menyempatkan diri untuk beristirahat. Pilihlah waktu yang menyenangkan untuk Anda.

3. Kekerasan bukanlah sebuah solusi untuk marah

Terkadang hal ini terjadi apabila seseorang  membuat Anda sangat marah dan Anda memberikan kata-kata kasar pada orang tersebut.

Kekerasan bisa juga sebagai sebuah cara untuk mewujudkan rasa kefrustasian Anda ketika Anda tidak mengetahui mengapa anda bisa menjadi putus asa. Hal ini sangat berbahaya karena itu dapat membawa anda ke hal-hal yang penuh dengan konsekuensi.

Pesiapkanlah diri untuk mencegah ekspresi kekerasan ketika Anda sedang marah, tuliskan daftar tentang kondisi, orang-orang atau benda-benda yang dapat membuat Anda terluka. Setelah Anda menuliskan semua hal yang dapat membuat Anda marah, maka pertimbangkanlah cara-cara untuk menghindarinya. Pertimbangkanlah cara untuk mencegah diri Anda dari kekerasan.

Beberapa orang yang membantu Anda menemukan cara untuk menyelesaikan perasaan yang membuat Anda ingin menyerang orang secara verbal.

4. Anda harus menyadari bahwa setiap orang memiliki ketidaksetujuan atau perselisihan di dalam hidup mereka

Alasan Anda untuk tidak setuju dengan orang lain itu banyak. Contohnya hal itu sulit untuk dipahami oleh pemikiran orang lain dalam menilai sebuah hal. Dalam beberapa kasus, orang-orang mencoba membicarakan hal yang mereka lihat.

Dan juga penghargaan, kebutuhan dan tujuan biasanya berlainan dengan orang lain.

Ini adalah perbedaan pemahaman dan ketidaksetujuan yang tak biasa antara beberapa orang karena mereka tidak memahami dengan baik apa yang ingin orang lain sampaikan

5. Memecahkan konfilk dan kesalahpahaman

Kesalahpahaman dan konflik yang tidak dipecahkan dapat menyebabkan kebingungan dan rasa tertantang.

Dapat ditambahkan pula, situasi ini dapat membawa ke arah stres, Insomnia, penyakit, kurangnya kualitas sebuah hubungan, agresif atau kekerasan dan perpecahan keluarga

6. Selesaikanlah permasalahan pribadi dengan seseorang secara langsung kepada orang yang bersangkutan

Jika sebuah konflik dengan orang lain dan Anda mudah untuk menaham amarah, maka hal tersebut sangat penting untuk diselesaikan terutama jika anda bertemu dengan orang tersebut, anda saling berpandangan dan akan menciptakan suasana yang tidak nyaman.

Dalam beberapa kasus berbicara secara personal bisa jadi membantu namun juga bisa tidak. Jika Anda mencoba untuk mendekati orang tersebut, pastikanlah apa yang and lakukan tersebut akan membantu.

Jika anda takut bahwa orang ini akan menyerang, cobalah untuk tidak mendekatinya secara langsung. Cobalah untuk berbicara kepada orang tersebut melalui telepon untuk melihat apakah mereka memiliki keinginan untuk menemukan sebuah solusi dari permasalahan antara anda dan dia.

7. Terdapat beberapa manfaat yang signifikan dari pemecahan masalah

Anda memiliki banyak alasan mengapa anda harus mencoba untuk bernegosiasi dan memecahkan masalah perselisihan dengan seseorang.

Pada mulanya anda akan menadapatkan perasaan bahwa anda telah mendapatkan sesuatu yang penting dan akan membuat anda merasakan lebih positif. Anda akan merasakan lebih nyaman, lebih relaks, dan lebih sehat dan anda akan memiliki tidur malam yang baik.

Sebagai tambahan, itu akan membuat anda dapat membangun sebuah hubungan yang erat dan secara umum akan membuat anda bahagia.

Dalam kesimpulan ini, akan sangat penting ketika anda belajar untuk dapat mengekspresikan kemarahan anda dan kegugupan anda dalam cara yang aman. Aktifitas yang dapat membantu anda untuk relaks juga mampu membantu anda dalam memenej kemarahan anda. Memecahkan masalah dengan benar dapat membuat anda lebih positif dalam berfikir dan bahagia.

Referensi:

http://www.manageyourlifenow.com/Articles/tabid/60/articleType/ArticleView/articleId/76/7-ways-on-how-to-manage-anger.aspx, acces on August 12, 2010

http://benevergiveup.blogspot.com/2008/12/manajemen-kemarahan.html

Iklan

About fiyati

Saya adalah seorang anak perempuan yang lahir di Samarinda dan menempuh kehidupan sebagaimana biasanya, namun yang membuat saya berbeda ialah motto hidup saya yang takkan bisa dirubah oleh keadaan apapun jua. "Impossible is Nothing"

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s