SIAPKAH ANDA MENGHADAPI TANTANGAN???

Standar

By Fiyati Utami

Belajar selama bertahun-tahun mulai dari TK hingga Perguruan Tinggi telah diselami, namun apakah hal tersebut cukup membuat kita percaya diri untuk maju dan berkompetisi di kehidupan ini? Saya rasa tidak akan cukup pendidikan itu apabila hanya dari bangku sekolahan saja yang mana isinya datang duduk mendengarkan penjelasan materi dari guru lalu evaluasi melalui media LKS. Dan itu semua terjadi berulang-ulang dari kita berusia 6 tahun hingga 20 tahun. Sungguh tragis memang melihat sistem yang disediakan dan itu membuat kita hanya menerima program yang sudah dibuat tanpa ada lagi sebuah pencocokan terhadap sang individu.

Terkadang saya bertanya, jika kita memang dihadapkan pada situasi seperti ini lalu apakah yang harus kita lakukan? Nrimo dan akhirnya nelongso? Saat ini, banyak sekali lembaga pendidikan yang menawarkan hasil yang memuaskan. Ada sebuah lembaga khusus anak kecil yang belum bisa membaca namun sudah disodori dengan berbagai macam bahasa asing, padahal mereka hanya mampu meng-imitate saja. Rasanya kok kurang pas dengan kondisi seperti itu.

Kembali lagi kita ke topik, kesiapan seseorang dalam menghadapi setiap tantangan hidup tentunya menjadi point plus karena seseorang yang pintar belum tentu cerdas. Maksudnya ketika seseorang memiliki nilai akademik yang tinggi dan memuaskan, bukanlah sebuah garansi bahwa ia akan berjalan dengan mulus ketika berhadapan dengan orang2 yang pandai berbahasa.

Lalu bagaimanakah caranya agar kita siap menghadapi tantangan hidup? Tentu ada banyak hal yang bisa anda temukan yaitu melalui pelatihan. Saya teringat sebuah pelatihan yang pernah saya ikuti selama 3 hari dan alhamdulillah gratis karena salah seorang senior membantu untuk registrasinya. Pelatihan yang saya ikuti yaitu LMT (Life Management Training), something happens after I follow that training! Bagaimana tidak? Kita diminta untuk menuliskan semua mimpi besar kita dan bagaimanakah membuat peta hidup ini. Luar biasa efeknya…! Selain itu ada pula beberapa training eksternal kampus yang juga membangun mental saya agar selalu siap di dalam keadaan apapun.

Kawan-kawan, tak ada salahnya mencoba hal yang baru. Entah itu pelatihan, seminar, atau outbond semua itu adalah sebuah cara agar kita dapat membuka mata bahwa ada berbagai macam karakteristik manusia dan kita patut memahaminya.

“Sebelum menghakimi seseorang, taruhlah diri anda pada posisi orang yang sedang anda tuduh, jangan pernah menggunakan hanya ukuran rasa kita sendiri, bersikap bijaklah pada orang lain dan diri sendiri”

About fiyati

Saya adalah seorang anak perempuan yang lahir di Samarinda dan menempuh kehidupan sebagaimana biasanya, namun yang membuat saya berbeda ialah motto hidup saya yang takkan bisa dirubah oleh keadaan apapun jua. "Impossible is Nothing"

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s