Cerpen Ngocol: Resep Anti Sakit

Standar

By Fiyati Utami

Mang Ujan kini sedang menetap di kota Samarinda, Kalimantan Timur. Bener aja sih kalo musim hujan datang, bayangin deh kalo musim duit receh, wuih apa kagak rame tuh orang pada turun ke jalan sambil bawa-bawa karung ato payung yang kebalik.

Udah tiga hari ane berangkat kerja telat karena si mang Ujan, tapi kata emak ya memang dasarnya ane aja yang males bangun pagi. Lha jam setengah 8 baru buka mata, ya jelas rejekinya di samber ma mang ujan.

Baju pada basah celana tinggal atu. Bener-bener dah! Entah besok mau pake apa nih wat ke tempat kerja.

Eh iye, kenalin ane Izul. Ane tinggal di gang senggol deket sungai terbersih se-Kalimantan. Hihihi. Ane saat ini kerja di tempat fotocopy-an. Hari ini ane gantiin si Hendra. Kawan seperjuangan ane dalam dunia perfotocopyan. Hahaha. Ia tadi pagi kirim sms katanya sakit perut karena ujan mulu. Lha! hubungannye ape antara sakit perut dan ujan? Aneh! Tapi emang sih mulai dari kakak ane dari kemarin tuh meler mulu idungnya karena kebasahan di tengah jalan. Makanya ane udah bilang kalo ujannya di tengah, ya minggir napa! Pasti ga kena ujan! Blon lagi emak di rumah, katannya palanya pusing soalnya kena ujan pas pulang dari pengajian. Tuh kan, udah di bilangin pake payung, lha emak pake daun talas. Ribet mah urusan!!! Trus lagi si Switi Uus, dari kemarin bawaannya marah aja! Ane towel dikit, eh ampir aje gigit! Alamak. Bisa bahaya klo ane kena gigit si Switi Uus, bisa kena virus cintrong mah ane!!!

Emang temen2 gue sering nanya kok ane kagak sakit2 sih? Sehat mulu! Hahaha. Makanye makan 4 sehat 5 sempurna. Minum susu sebelum nempel ma bantal, pasti sehat! Lha tiba2 si Nono, anak gang sebelah nyeletuk, lha minum teh aje jarang apalagi minum susu. Mungkin cuma waktu masih kecil aje kali. Belum tau mereka apa rahasia terbesar ane! Tapi ane sih kagak mau bagi2 tuh rahasia ma kawan2, ntar klo mereka sehat trus berarti mereka pada masuk kerja trus dapat gaji sebesar gaji ane dong. Ah ga mau! (wkwwk padahal mah gaji ane juga kagak ampe 1 M kali)

Besok harinya si Hendra dateng ke ane, tiba2 dia nanya2 hari ini menu emak ane apaan. Lha koq enak, mau tau menu ane segala. Ternyata usut punya usut tuh anak pengen tau rahasia kegantengan ane, eh salah kesehatan ane. Ah males! mau tau aje lu!

Suer ane ga ngerti anak tu sekarang jadi doyan banget deket2. Ntar si Uus ga jadi naksir lagi ma ane, gara2 sering beduaan ma si Hendra. Amit amit!

“Ayo dong Jul, kasih tau resep loh!”

“Ogah!”

“Ayo dong Jul!”

“OOOOGAAAHHHHHHHHH”

“Tega lu Jul! Pelitttttt!!!!!”

“Biarin!!!”

Ane sih selama ini boong aje ma si Hendra. Ane mah kagak punya obat rahasia apa2. Hihihihi, tapi gimana lagi tuh anak maksa mulu. Akhirnya ya ane bilang aje kalo lu mau tau obat ane, besok dateng ke gubuk tua di samping kuburan.

Ane dengan gaya james boneng duduk di tepi makam, tiba2 Hendra dateng menghampiri tanpa wujud namun baunya jelas tercium (udah kayak kentut aje tuh Hendra).

“Hayo Jul, sekarang lu kasih tau ane obat lu!”

“Hm..ini udah ane tulis di kertas ini resepnya, ntr kalo ane udah pergi lu boleh tuh buka resepnya.”

“Segitunya lu Jul, ame ane!”

“Wajib tuh, ya kalo ente mau sehat! ya kalo ga mau ya kaga apa2!”

Hendra pun nyambar tu resep lebih cepat dari ketekan mangga. Begitu dia dapet, eh ane di surruh pergi. Dasar malin dunkang, eh malin kundang! Ane kutuk jadi kuda poni baru rasa!

Akhirnya ane pun pergi dari makam dan bersegera pulang ke rumah sebelum emak ngomel karena anak satu2nya yang paling ganteng ga pulang2.

Baru aje ane nyampe di rumah, eh si Hendra teriak2 depan rumah.

“Ijul….lu tukang boong ye!!!”

“Lha lu kenapa Dra?”

“Lu kate ada resep di dalam kertas ini! tapi mana buktinya?? dasar bahlul!!!”

“Lha beneran ada kok tadi, emang tulisannya pada kabur kemana?”

“Iya emang ada tulisannya, tapi kan ini mah bukan resep!”

Tiba2 Uus chayank dateng mengampiri kami dua lelaki yang satu tampan yaitu ane, yang satu saraf ya kayak si hendra itu!

“Kenapa sih kalian??? Plis, ane mohon jangan rebutin ane dong, kita kan sudah jadi sohib sejak dalam kandungan! ane ga mungkin memilih salah satu dari kalian. Ane ga mau rusak persahabatan kita!”

Wah wah wah…tega amat ni si Switi Uus, ane nyatain eh dia udah nolak duluan. Hiiiii…tapi kan ini bukan lagi ngomongin tu Us. Emang Uus walau dia imut dan lucu tapi kadang lemot dan lola nya ga bisa ketulungan.

“Trus kalian lagi ngapain?”

“Ini si Ijul, masa dia boongin ane!”

“Ane kaga boong! Coba lu baca resep ane tadi”

“Ah ga mau!”

“Baca dulu!”

“Ga mau!”

Makin panas perhelatan, makin sembarangan pula kata2 manis kami yang terhambur ke jalanan. Uus pun terdiam tak dapat bercakap2 layaknya terhipnotis oleh kegantenganku tentunya. Hahaha.

“Baca sekarang Hendra manis!”

“Ogah Ijul Sayang”

“Ayolah Hendra imut”

“”Bener ya ane imut?”

“Iya! lu imut banget dah!!! paling imut seantero samarinda!”

“Oke deh ane baca, lu denger ya”

“Disini tertulis: KALAU MAU GAK SAKIT, MAKANYA BANYAK2 BERDOA BIAR SEHAT SELALU”

“Masa cuma gitu aja resepnya? ga bisa gitu dong!”

“Kalo ga terima, ya ga usah dipraktekin”

Akhirnya Uus pun angkat bicara dengan lembutnya dan penuh kasih sayang. Layaknya seorang malaikat cantik di  balut baju putih belakangnya bolong (eit sendal kali bolong!).

“Teman2, sudahlah…Hendra, apa yang dikatakan ma Ijul itu bener! Ente juga, kalau memang ente ga mau sakit ya banyak2 doa, biar cepet!!!”

“Cepet apa??”

“Ya cepet ga kena sakit! Lagian kan, sekarang ini kalo lu sakit ane ga ada yang ngejar2. Coba bayangin! Masa yang ngejar cuma 1 orang, kan rasanya kurang keren! apa kata orang kampung ntar!!”

Mendengar penjelasan dari si Switi Uus. Kami pun balik kanan grakkk!!! lalu pergi ngeloyor menjauh dari si Uus yang udah narsis abis.

Eh….Tamat deh ceritanya! Nantikan kisah si Ijul, Hendra n Uus selanjutnya! dadaaaaahhhhhhhhhh!!!!

 

 

About fiyati

Saya adalah seorang anak perempuan yang lahir di Samarinda dan menempuh kehidupan sebagaimana biasanya, namun yang membuat saya berbeda ialah motto hidup saya yang takkan bisa dirubah oleh keadaan apapun jua. "Impossible is Nothing"

Tinggalkan Balasan

