Teori=Praktek…???

Standar

Teori = Praktek

Saya sering mendengar bahwa mudah sekali menjelaskan sebuah teori daripada prakteknya di lapangan. Setiap teori-teori yang dibuat pastinya diformulasikan agar kita mampu mengaplikasikannya ke dalam kehidupan nyata ini, namun apakah segampang itu? Tentu saja tidak!

Teori merupakan sebuah hipotesis yang telah diuji keberhasilannya, entah itu melalui eksperimen atau pun berdasarkan pengalaman.  Selama saya kuliah, saya selalu mendapatkan berbagai teori dari para dosen dan aktifitas saya saat itu adalah menghapal semua teori yang telah diberi tanpa pernah mengaplikasikannya. Jadi teori yang diberikan hanyalah bahan kuliah yang wajib dikuasai secara textual sehingga mudah lulus ujian.

Bulan berganti bulan, hingga perhelatan saya di dunia kampus telah selesai membuat saya membuka mata tentang kondisi objektif dari dunia luar ini. Mungkin awalnya kita merasa shock karena tidak semua teori mampu dibawa ke dalam dunia real, padahal kita sempat mengkiblatkan setiap gerakan pada teori. Maka dari itu, terkadang kita perlu break the rule sehingga kita pun tidak terjebak antara realita dan maya.

Saya memang memiliki beberapa kawan dekat yang sangat idealis dalam menerapkan teori-teorinya, namun ketika saya bertemu dengan mereka kembali saya melihat mereka mulai melunturkan rasa idealisnya sehingga mereka bisa secara perlahan masuk ke dunia yang sesungguhnya. Entah apa harus saya bersedih atau gembira, namun saya yakin akhirnya kawan-kawan paham bahwa kecerdasan kita dalam berwacana selama ini tidak bisa menjamin kita tanpa diikuti dengan sebuah praktek yang benar.

Teori tanpa praktek adalah omong kosong….

By fiyati Utami

About fiyati

Saya adalah seorang anak perempuan yang lahir di Samarinda dan menempuh kehidupan sebagaimana biasanya, namun yang membuat saya berbeda ialah motto hidup saya yang takkan bisa dirubah oleh keadaan apapun jua. "Impossible is Nothing"

Tinggalkan Balasan

