Kompetensi Vs Kompetisi

Standar


Pernah dengar “Kompetensi”? Tentu sudah pernah dengar dong, paling tidak tadi ketika melihat judul ini kita sudah dapat membayangkannya. Tapi jika belum tau, maka akan saya jelaskan sedikit pengertian dari Kompetensi agar kita satu visi misi ke depannya nanti J

“Competency is a cluster or related knowledge, skills, and attitudes that reflects a major portion of one’s job (a role or responsibility), that correlates with performance on the job, that can be measured with well-accepted standards, and that can be improved with training and and development (Parry, 1996, p50).“

Jika menilik pengertian di atas, sebuah kompetensi itu terdiri dari tiga hal penting yaitu Pengetahuan (Knowledge), Kemampuan (Skills), dan Sikap (Attitude). Semua hal elemen tersebut sangatlah berkaitan. Bagaimana jadinya jika seseorang memiliki pengetahuan dan skill yang memadai, namun sikapnya tidak baik. Itulah maksud dari sebuah kompetensi yang pada akhirnya dapat meningkatkan performance orang tersebut.

Kali ini kita lanjut ke pengertian dari kompetisi:

“Competition is a contest between individuals, groups, animals, etc. for territory, a niche, or a location of resources.”

Kompetisi adalah sebuah kontes yang pada akhirnya memunculkan seorang juara.

Berbicara tentang juara, tentunya seorang Juara dari kompetisi haruslah memiliki kompetensi yang luar biasa. Itulah mengapa kita membahas soal ini. Terkadang dari sebuah kompetisi, kita dapat melihat orang-orang yang luar biasa dan berdedikasi tinggi dalam bidangnya sehingga kita bisa mengetahui bagaimana kompetensi dari orang tersebut. Apakah sesuai standarnya atau belum cukup untuk memenuhi standar tersebut. Yang pastinya dengan kompetensi maka seseorang bisa memenangkan sebuah kompetisi.

Kompetisi adalah sebuah ajang untuk mengukur seberapa jauh kompetensi yang kita miliki, tak perlu takut untuk mengikuti kompetisi selama kita berlaku fair, insyaAllah kita pun akan menjadi juaranya.

Souce:

http://www.nwlink.com/~donclark/hrd/case/compet1.html (Access on August 23, 2011)

http://en.wikipedia.org/wiki/Competition (Access on August 23, 2011)

About fiyati

Saya adalah seorang anak perempuan yang lahir di Samarinda dan menempuh kehidupan sebagaimana biasanya, namun yang membuat saya berbeda ialah motto hidup saya yang takkan bisa dirubah oleh keadaan apapun jua. "Impossible is Nothing"

One response »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s