“Motivasi Terindah adalah Dirimu”

Standar

“Motivasi terindahku adalah dirimu”

Bagaimana jika ada seseorang yang berkata demikian kepadamu? Yakin pasti hati akan berbunga-bunga dan tak bisa tidur 3 hari 3 malam. Hehe. Pasti hati juga bertanya-tanya bagaimana bisa orang bisa menginspirasi orang lain untuk melakukan sesuatu. Itulah hebatnya kemampuan interpersonal seseorang yang tak ia sadari mampu meracuni sistem kerja otak orang lain sehingga melakukan apa yang sebelumnya ia tidak mampu lakukan karena kurangnya percaya diri. Sebuah pujian, kritikan adalah hal yang wajar ditemui kapan pun dan dimanapun kita berada, namun menemui diri sebagai motivasi bagi orang lain, otomatis akan sedikit menggelitik apalagi kita tak pernah berharap demikian.

Terkadang kita tidak pernah menyadari bahwa apa yang kita lakukan, apa yang kita katakan adalah hal yang bisa terekam dengan baik oleh orang lain. Tanpa bermaksud men-spesial-kan seseorang terkadang kita pun akan menyadari bahwa apa yang sudah orang tersebut katakan menjadi pegangan untuk kita mulai berjuang. Lalu, bagaimana bisa kita menginspirasi orang untuk melakukan yang terbaik? Ada beberapa hal yang saya catat, yaitu:

1. Karena kita sudah pernah mengalaminya.

Jika kita pernah mengalami jatuh bangun, kita pasti akan senantiasa menyemangati orang lain untuk tetap berjuang. Tanpa ragu kita akan menyakinkan mereka bahwa sesakit2nya kita jatuh, pasti akan merasakan keindahan pula pada akhirnya. No pain No gain. Kata2 bijak atau kata2 yang inspiratif biasanya muncul tanpa sengaja dari otak kita karena memang sudah mindset nya jika kita ingin orang lain sukses maka ia harus tau apa dan bagaimana rasa dan menjalaninya.

2. Karena kita berada di posisi yang lebih tinggi

Disadari atau tidak, posisi seseorang akan berefek kepada penghargaan dan penghormatan orang lain kepada kita. Sehingga setiap apa yang kita ucapkan seolah2 menjadi mantera yang sangat apik utk diikuti. Motivasi itu timbul biasanya karena adanya rasa kagum dan keinginan untuk menjadi seperti dan bahkan lebih dari orang yang dikagumi, maka tak heran ketika orang yang berada diposisi tinggi maka ia akan didengarkan. Selama posisi itu digunakan dengan sebaik2nya untuk membentuk karakter seseorang untuk menjadi yang lebih baik dan lebih PD.

3. Karena ia benci dirimu

Hahaha. Aneh ya? Benci dan cinta itu bedanya tipis lho..inget tuh! Terkadang tanpa disadari seseorang akan termotivasi untuk menjadi lebih baik dan lebih berkompeten ketika ia merasa berada di dalam situasi tak nyaman dan ingin membuktikan bahwa ia bisa. Rasa benci dan iri yang menyebabkan orang lain mengharuskan dia berbuat yang terbaik bagi dirinya. Orang yang membenci kita biasanya ia akan terus mengingat kita dan menyimpan rapi sosok kita di ingatannya sehingga jangan pula terlalu bersedih hati jika ada membenci dirimu, bisa jadi diam2 ia menjadikanmu motivasi terindahnya secara sadar atau tidak.  Ckckck.

4. Karena ia melihatmu dengan mata hatinya (Cihuyyy)

Hati2 dengan yang satu ini! Motivasi yang satu ini terkadang membuat orang lain menjadi ketergantungan dan tak dapat berdiri sendiri, maka sebelum terjadi lebih lanjut, sadarkan lah orang tersebut agar ia mandiri dan mampu berbuat lebih baik lagi. Ketika rasa suka menyerang orang, maka si objek tersebut akan menjadi motivasi yang pualing endangggg. Jika kita telah mengetahuinya maka bijak lah dengan hal tersebut, jadikan hal tersebut sebagai langkah awal pembangun komitment untuk mampu mandiri. Jangan pula mudah menyerah ketika dijadikan motivator bagi orang lain. Hal tersbut bukanllah hal yang mudah tapi setidaknya kita mencoba untuk beribadah dengan menyemangati orang lain, Namun sekali lagi Bijaklah!

 

Apabila kita merasa jatuh lelah tak dianggap tak diperhatikan, yakinlah bahwa Allah takkan menguji kita jika kita tidak sanggup menghadapinya.

Apabila kita hampir menyerah berteriak sakit berurai air mata, yakinlah bahwa tanpa kita sadari mungkin diluar sana ada orang-orang yang memperhatikan kita, semangat kita, daya juang kita, hanya ia tak mau mengganggu konsentrasi perjuanganmu itu,

Sadarilah….

MOTIVASI TERINDAH ADALAH DIRIMU

 

Adinda Fiya

Samarinda, 11 Oktober 2011

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s