Belajar Memahami Perilaku Si Pengkritik Aktif

Standar

Sana salah. Sini salah. Sana jelek. Sini jelek. Semua harus sempurna.

Pernahkah bertemu karakter yang seperti ini? Jika iya, lalu apa yang kau lakukan? Apakah membalas mengkritik atau pergi tanpa menghiraukan? Hehehe. Terkadang kita merasa jengkel ketika menemui sosok seperti itu, namun siapa sangka dibalik sikap di pengkritik tersebut, kita sejatinya harus mengambil hikmah dari apa yang telah disampaikannya. Memang jika kondisi sedang tidak 100 persen, maka bisa jadi kita pun tersulut amarah membara terhadap orang-orang seperti ini. Tapi ujungnya, kita dan dia tak ada beda.

Sebuah kritikan sewajarnya diberikan agar kita dapat memberikan yang terbaik lagi. itu yang namanya kritikan yang konstruktif atau membangun. Bagaimana caranya dengan adanya kritikan ini kita jadi tersadar bahwa ada hal yang perlu kita cermati kembali dari apa yang telah kita lakukan. Positif ting ting aza deh.

Kesal. Ya wajarlah. tapi tidak serta merta menyalahkan orang lain ketika memang terjadi hal yang tidak diinginkan. Cukup tenangkan diri kembali secepatnya dan mulai mengevaluasi lagi apa memang betul kritikan tersebut.

Saat ada si pengkritik aktif memang ada kalanya kita wajib bertanya jika anda berada diposisi saya maka apakah yang akan anda lakukan? artinya kita sangat mengharapkan ide-ide kreatif dari sang pengkritik tersebut. Jika ia memang memahami seni tersebut, maka ia pun harus bersikap terbuka terhadap diskusi.

Memang sebuah kritik begitu mudah meluncur dari bibir seseorang, namun akan sangat bijaknya ia, jika ia pun tau solusinya sehingga ia tidak hanya menjadi pengkritik pasif saja (udah kayak rokok aza).

Mulai saat ini, tarik nafas dalam-dalam. penting sekali mengusai diri dan memastikan bahwa kita benar-benar siap berada di medan tempur, agar kita tidak tenggelam di danau penyesalan karena emosi yang tak terbendung karena si Pengkritik aktif.

Adinda fiya

Samarinda 14 oct 2011

About fiyati

Saya adalah seorang anak perempuan yang lahir di Samarinda dan menempuh kehidupan sebagaimana biasanya, namun yang membuat saya berbeda ialah motto hidup saya yang takkan bisa dirubah oleh keadaan apapun jua. "Impossible is Nothing"

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s