JaIm…

Standar

Imej dari bahasa inggris ‘image’ yaitu gambar atau pencitraan. Bayangkan kalo kita bertemu seseorang dengan baju t-shirt celana jeans robek robek, imej apa yang terbangun di pikiran kita? Klo dia ganteng, bs jadi dia vokalis band, kalo dia suka bawa ransel bisa jadi dia anak pencinta alam, klo dari jarak 100 meter udah keciuman terik matahari, bisa jadi dia akan meminta sumbangan sukarela.

Nah ntu die, imej adalah sebuah gambaran diri seseorang yg ditampilkan secara sengaja atau pun tidak lalu dinilai oleh orang lain.

Terus ada juga orang yang secara sadar menjaga imej nya or kata anak gaul itu ‘Jaim’. Bisa jadi karna gelar or posisi yang disandangnya, tapi bs jadi krna dia aslinya ga pede untuk tampil all out makanya jadi ‘Jaim’.

Gambaran diri bisa ditunjang oleh appearance kita atau hal yg bisa dilhat. Contohnya orang yg selalu menggunakan jas mahal, ia ingin membuat imej yg terbangun adalah sebagai org yg berada. Atau klo cwe biasanya dia pake tas2 yg import, agar memperlihatkan bahwa ia adalah generasi yg sadar era globalisasi dg membeli barang2 import mulu. Begitulah kira2, cara orang untuk mbangun imej yang ada didirinya.

Klo tadi secara appearence, sekarang secara personality, imej seseorang bs terbangun ketika ia melakukan sesuatu or cara pandangnya akan sesuatu, contohnya, klo dia selalu mendominasi dalam forum, maka imej yg terbangun bahwa si A adalah orang yg talkactive, lain halnya dg si B yg senengnya santai dalam pekerjaannya serta menyepelekan hal2 penting, maka imej yg bisa terbangun adalah ia kurang bisa diberi tanggung jawab.

Maka banyak hal yg mensupport dalam pengambaran diri kita di mata orang lain.

Bisa saja kita pikir imej A ternyata yg ada dipikiran orang adalah imej B. Krna sudut pandang orang berbeda2.

Jaga imej itu perlu, tapi harus dg porsi yg sesuai. Mksudnya tidak harus strick dalam menjaga gerakan, cukup seadanya sajalah, agar tidak jg dianggap orang yg konservatif di dunia modern ini.

Setiap orang pasti punya imej yg berbeda dan selalu berusahalah untuk menjaga imej baik kita agar tidak seketika kepercayaan orang luntur karna kelakuan kita yg tidak2.

Dalam mengambarkan pencitraan ini maka bijaksanalah dlm bertindak, berpakaianlah yang anggun, da tentunya tetap menjadi diri sendiri agar kita memiliki label sendiri bukan karna plagiat.

Imej adalah gambar, gambar bisa dilihat, namun tidak semua yg dapat dilihat itu benar, jadi bukalah lebar2 telinga mu dan cara pandangmu agar mampu menganalisa setiap individ dan tau bgmna mentreatment masing2 individu dg cara yg berbeda2.

Sekian dari sy, just wanna share with u all what’s on my mind..

Adinda Fiya

About fiyati

Saya adalah seorang anak perempuan yang lahir di Samarinda dan menempuh kehidupan sebagaimana biasanya, namun yang membuat saya berbeda ialah motto hidup saya yang takkan bisa dirubah oleh keadaan apapun jua. "Impossible is Nothing"

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s