MANTRA SEORANG MARKETER

Standar

By Jokosusilo.com

Apakah anda membutuhkan kartu kredit?
Atau anda membutuhkan asuransi perlindungan?
Atau anda membutuhkan jaminan kesehatan?

Ya, inilah mantra seorang marketer atau pemasar. Online marketer maupun offline marketer sejati selalu mencari dimana letak kebutuhan calon konsumennya. Mereka berusaha menguak dan menemukan solusi atas masalah yang tengah dihadapi calon konsumen.

Kelihaian marketer dalam melakukan hal itu sangat penting bagi pertumbuhan bisnis.

Mungkin sebagian dari anda akan terasa kurang senang saat dulu bertemu dengan marketerĀ  yang sedang mencoba menawarkan produk atau jasanya. Namun, bagaimanapun itu memang tugas mereka. Dan pada hakikatnya kita semua adalah marketer.

Guru adalah marketer sukses saat berhasil membuat murid-muridnya rajin belajar agar berhasil saat ujian sekolah. Karyawan yang sedang menyampaikan idenya pada pimpinan pada hakikatnya sedang memarketingkan idenya agar diterima. Seorang anak kecil yang sedang merengek dan membujuk orangtuanya pada hakikatnya sedang melakukan marketing pada orang tuanya agar keinginannya dituruti. Dan banyak lagi contoh lain dalam keseharian kita bagaimana proses marketing itu terjadi.

Begitu pun saat anda mulai memiliki usaha sendiri, anda akan tambah menyadari betapa vitalnya peran dari marketer atau pemasar. Sebab dari situ, nasib produk/jasa anda ditentukan. Tanpa marketing yang kuat, perusahaan bisa hanya tinggal nama.

Hebatnya, internet telah mengubah dunia marketing secara drastis. Dulu, orang berpindah dari suatu tempat ke tempat lain untuk presentasi bisnis, untuk memasarkan produknya. Sekarang, cukup di depan komputer dan anda bisa presentasi kapan saja, ke tiap orang yang datang ke website, tanpa harus lagi bibir berbusa-busa. Semua yang datang akan mendapatkan penjelasan produk anda secara lengkap. Kalau ada yang ingin ditanyakan, mereka bisa kontak anda. Enak kan? ;)

Bukan hanya itu, bagi pemilik usaha, internet adalah jalur hemat untuk merengkuh pasar di seluruh dunia. Bayangkan, dengan investasi yang sedemikian kecil, anda bisa dapat prospek dan penjualan dari mana saja.

Lihat misal amazon.com. Mereka tak punya kantor di Indonesia, tapi di sini ada ribuan orang yang menjadi pemasarnya. Pemasarnya memasarkan produk mereka ke seluruh dunia. Lintas batas wilayah bukan lagi soal berkat internet.

Kembali ke soal mantra seorang marketer, saat bertatap atau sedang presentasi dengan calon konsumen, satu pertanyaan yang berulang-ulang ada di benak pemasar adalah:

  • Apa yang anda butuhkan?
  • Apa yang anda butuhkan?
  • Apa yang anda butuhkan?

Pada saat lain, pertanyaan berulang tersebut bisa berganti menjadi:

  • Apa yang anda inginkan?
  • Apa yang anda inginkan?
  • Apa yang anda inginkan?

Inilah tugas dari marketer, menggali kebutuhan/keinginan konsumen dan menyediakan solusi yang tepat bagi mereka.

Sementara, di sisi konsumen, kalimat yang selalu bergaung adalah:

  • Apa manfaat produk/jasa ini buat saya?
  • Apa manfaat produk/jasa ini buat saya?
  • Apa manfaat produk/jasa ini buat saya?

Kepiawaian seorang marketer atau pemasar dalam menemukan kebutuhan/keinginan konsumen dengan menjembataninya dengan nilai manfaat dari produk/jasanya, akan sangat amat berpengaruh pada tercapainya closing.

Bagaimanapun, konsumen adalah tujuan dari semua bisnis. Berkat konsumen yang telah memberikan kepercayaan pada anda, bisnis anda bisa berjalan dengan baik. Karena itu, pastikan dan jaga kepercayaan konsumen sebaik-baiknya.

Salam ACTION!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s